Pengurus Forum DAS Banyuasin Resmi Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati Banyuasin 

Wahanainformasinews.or.id

 

 

Banyuasin – Kabupaten Banyuasin bagian wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi memiliki potensi sekaligus permasalahan. Berbagai isu yang menjadi tantangan antara lain alih fungsi lahan, banjir, peningkatan lahan kritis, rendahnya sanitasi, kebakaran lahan gambut dan penurunan kualitas air.

 

 

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH. MH mengatakan, tantangan DAS di Banyuasin perlu perhatian dan pengelolaan khusus agar sumber daya alam di dalamnya dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat sesuai daya dukung dan daya tampungnya.

 

Mengingat permasalahan DAS merupakan isu lintas administrasi, lintas disiplin ilmu, lintas sektoral dan melibatkan berbagai kepentingan, maka pengelolaan DAS secara terpadu merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kelestarian ekosistem DAS secara berkelanjutan,” kata Askolani pada sambutan acara pengukuhan pengurus Forum DAS Banyuasin, di Auditorium Pemkab Banyuasin, Kamis (11/08/2022).

 

 

 

Bupati juga mengharapkan, Forum DAS Kabupaten Banyuasin dapat menjalankan fungsinya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat terkait pengelolaan DAS, memberikan sumbangan pemikiran, menumbuhkan dan mengembangkan peran pengawasan masyarakat dalam pengelolaan DAS serta membantu penyelesaian masalah/konflik yang terjadi dalam pengelolaan DAS.

 

Forum DAS Banyuasin yang terdiri dari para pihak, lanjut Askolani, dapat berperan dalam pembangunan Banyuasin, dan para pihak sebagai mitra pembangunan terkait dapat melibatkan forum DAS Banyuasin dalam pencapaiaan visi misi Banyuasin.

 

 

Ketua Forum DAS Banyuasin Fauzi, SE mengatakan, kondisi DAS kritis dipengaruhi oleh banyak hal, utamanya aktifitas manusia yang berperan besar dalam perubahan bentang alam dan kondisi DAS saat ini.

 

“Selain itu, faktor utama adalah tidak adanya koordinasi antar sektor dalam melakukan pengelolaan DAS serta pelaksanaan pembangunan yang parsial. Diharapkan para pihak menyadari bahwa pengeloaan DAS secara terpadu merupakan suatu keharusan,” katanya.

 

Menurut Fauzi, Bupati Banyuasin telah membentuk Forum DAS Kabupaten Banyuasin. Dengan dukungan para pihak, wadah ini dapat berperan aktif dalam pengelolaan DAS Banyuasin dalam mendukung Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera. Wakil Ketua Forum DAS Banyuasin Dhio D Shineba mengatakan, setelah Pengukuhan Forum DAS Banyuasin dilakukan Seminar yang menjadi wadah menggalang aspirasi terkait dengan pengelolaan DAS Banyuasin secara lestari.

 

“Dengan seminar ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, kepedulian, dan langkah awal yang sinergi antara para pihak mitra pembangunan dalam pengolaan DAS Banyuasin secara terpadu guna Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,”tegasnya.

 

Laporan : Denny

 

Editor : Tim Wahanainformasinews.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.