Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022, Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin Berikan Remisi

Wahanainformasinews.or.id

Banyuasin – Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas II.B Kabupaten Banyuasin mendapatkan remisi khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022. Yakni pengurangan masa hukuman yang diberikan pada hari besar keagamaan yang dianut oleh Narapidana dengan ketentuan jika suatu agama mempunyai lebih dari satu hari besar keagamaan dalam setahun, maka yang dipilih adalah hari besar yang paling dimuliakan oleh penganut agama yang bersangkutan.

Dalam hal ini, Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan yang beragama Buddha. Acara pemberian Remisi Khusus Waisak Tahun 2022 di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin di selenggarakan pada hari senin (16/5) pukul 09.00 wib di Gazebo yang berada di dalam area Lapas.

Dari total 1144 Warga Binaan Pemasyarakatan yang berada di Lapas Narkotika Kelas II.B Banyuasin, 7 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas II.B Banyuasin Kemenkumham Sumsel, yang beragama Buddha Seluruhnya mendapatkan remisi khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 setelah memenuhi Syarat Administratif dan Substantif, sesuai dengan Kepres 174 Tahun 1999 tentang Remisi dan Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti mengunjungi keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti menjelang bebas dan Cuti bersyarat.

Pemberian Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 Penyerahan remisi secara simbolis oleh Kepala Lapas kepada perwakilan warga binaan setelah menyerahkan SK secara simbolis dilanjutkan dengan sambutan oleh Royhan Al Faisal selaku Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin .

Royhan berharap agar umat Buddha yang ada di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin dapat memahami makna hidup yang sesungguhnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Sidharta Budha Gautama dan menjadikan pemberian Remisi Khusus Hari Raya Waisak Tahun 2022 sebagai refleksi diri.

“Semoga Umat Buddha yang berada dsini bisa memahami apa yang telah diajarkan Sidharta Budha Gautama yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan yang mendalam, serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat Budha yang sejati, Saya harap, pemberian Remisi Khusus hari raya waisak ini dapat memotivasi saudara- saudara untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari hari serta selalu meningkatkan optimisme dalam menjalani pidana hilang kemerdekaan yang sedang saudara jalani di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin.” Tambah Royhan.

Mengakhiri sambutannya, Royhan dengan mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Waisak bagi Umat Buddha yang berada di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin.

“Kepada seluruh warga binaan yang beragama Buddha hari ini mendapat remisi, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Suci Waisak, semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kecerahan hati dan kedamaian kepada kita semuanya dalam membangun hari esok yang lebih baik.” Tutup Royhan.

 

Laporan : Humas Latiba

Editor : Martin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *