Lapas Narkotika Banyuasin Siap Dukung Program Pemerintah Ubah Pandemi Menjadi Endemi

Percepat Vaksin Tahap Tiga Untuk WBP

Wahanainformasinews.or.id

Banyuasin – Sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Harun Sulianto untuk bergerak cepat dalam melaksanakan vaksinasi ke-3 (booster) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIB Banyuasin melaksanakan pemberian vaksinasi ke-3 (booster) kepada WBP yang digelar dengan menggandeng Badan Inteligen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Kab. Banyuasin dan Dukcapil Kab. Banyuasin, Sabtu (16/04/22).

Sebelum terselenggara pelaksanaan vaksinasi booster telah dilakukan terlebih dahulu verifikasi data nomor induk kependudukan (NIK) warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin oleh Dukcapil Kab. Banyuasin selama tiga hari dimulai pada tanggal 12 April 2022 sampai 14 April 2022.

Setelah dilaksanakan verifikasi nomor induk kependudukan (NIK) pada hari ini satu persatu WBP Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin yang akan mengikuti vaksinasi booster mengisi lembar skrining yang disediakan oleh Dinkes Kab. Banyuasin, kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dasar mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, dan efek yang muncul pasca vaksinasi dosis I dan II, apabila dirasa hasil pemeriksaan dinyatakan sehat, mereka bisa menerima vaksin booster yang dilakukan oleh petugas dan diakhiri dengan observasi.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, Royhan Al Faisal menuturkan “vaksinasi booster merupakan ikhtiar untuk memberikan perlindungan dari dalam agar terlindung dari COVID-19 sekaligus bagian dari pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin serta mendukung program pemerintah mengubah status pandemi menjadi endemi” Royhan pula menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan vaksinasi booster ini yakni BINDA Prov. SUMSEL, Dinas Kesehatan Kab. Banyuasin, dan Dukcapil Kab. Banyuasin.

Vaksinasi booster ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Harun Sulianto. Pada kesempatan ini beliau mengucapkan terimakasih kepada BINDA Sumatera Selatan yang mempercepat vaksinasi booster untuk WBP dan tahanan yang ada di Sumatera Selatan, kita berharap 16.000 orang narapidana yang ada di Lapas/Rutan segera diberikan vaksinasi dan hari ini sebanyak 523 orang WBP di Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin di fasilitasi oleh BINDA Sumatera Selatan akan diberikan vaksin booster.

Harun Sulianto menyampaikan “Dalam pelaksanaan pemberian vaksin booster ini ada beberapa hambatan kecil seperti masalah NIK, kami sudah berkoordinasi dengan Dukcapil Sumatera Selatan dan teman-teman di Lapas/Rutan sudah berkoordinasi dengan Dukcapil Kabupaten/Kota setempat. Ini merupakan ikhtiar kita untuk mencegah agar WBP semua sehat dan terlindung dari COVID-19, walaupun WBP sudah menerima booster, saya tetap berpesan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, harus rajin mencuci tangan pakai sabun, dan gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan ,” ujarnya.

 

Laporan : Ril Humas Latiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *