Dinas Kearsipan Sumsel, Arsipkan Dokumen Secara Digital

Wahanainformasinews.or.id

Palembang – Kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ke Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel, Rabu (23/2/22).

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Padang Panjang, Riza Aditya Nugraha mengatakan, kedatangan Komisi II DPRD Kota Padang Panjang ke Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel pertama dalam rangka silaturahmi. Karena disini satu satunya Dinas Arsip yang berdiri sendiri.

“Disini arsip photo juga sudah disimpan secara digital, dari photo sejarah sebelumnya sampai yang akan datang sudah dirancang secara digital. Saya sangat mengapresiasi laden (memuat), karena ada sekitar 3.000 photo dari Belanda diarsipkan secara digital, kami juga akan belajar bagaimana cara laden disini, menurut kami ini sangat berharga untuk kami bawah sebagai oleh-oleh nanti,” ungkap Riza.

Lanjutnya, di Padang Panjang itu masih gabung antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. “Kita di Padang Panjang juga ada sejarah dari Belanda, hanya saja disana Dinas Kearsipan masih tergabung dengan Dinas Perpustakaan, maka dengan itu kita akan meminta soft copi, bagaimana cara mengarsip secara digital, mengingat disini sudah lebih baik cara pengarsipan nya,” bebernya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Arsip Mansur Husin menuturkan, kedatangan Komisi II DPRD Kota Padang Panjang untuk belajar bagaimana mengembangkan arsip. “Karena Dinas Kearsipan Sumsel peringkat 7 nasional dan peringkat 2 di Sumatera setelah Riau. Kita satu satunya yang tidak gabung antara Perpustakaan dan Kearsipan,” ungkapnya.

“Harapan kita ke depan, Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel bisa menjadi trigger (pemicu). Karena yang belajar ke kita ada juga dari Lampung. Dengan adanya kunjungan dari daerah lain, itu satu yang menjadi motivasi kita untuk lebih baik lagi dari sisi SDM dan infrastruktur,” pungkasnya.

Laporan : Akip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *