Tabligh Akbar UKMK LPTQ&D Hadirkan Ulama Nusantara

Wahanainformasinews.or.id

Palembang – Pemberian Cenderamata dan Almamater Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dan Dakwah (LPTQD) oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang dan Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus (UKMK) kepada Gus Muwafiq di Gedung Academic Center pada kegiatan Harlah LPTQD ke 15 tahun.

Tabligh Akbar yang dilakukan setiap tahun menghadirkan K.H Ahmad Muwafiq. Kiyai Muda itu menyampaikan tausiahnya kepada mahasiswa UIN Raden Fatah, bagaimana cara menanamkan ajaran Islam di tengah masyarakat yang berbeda keyakinan.

Dalam tausiyahnya, kiyai yang kerap disapa Gus Muwafiq itu mengatakan, kaum muslimin harus menerapkan konsep Ro’iyah dalam kehidupan sehari-hari.

“Para wali menerapkan konsep yang ditanamkan Rasulullah.SAW. Kalian adalah orang-orang yang bertanggungjawab, maka terapkanlah konsep Ro’iyah,” ujarnya di Gedung Academic Center pada Kamis, (10/02/2022)

Ia menambahkan, Ro’iyah saat ini dikenal sebagai rakyat. Dalam hal ini, rakyat adalah konsep Rasulullah.SAW untuk mewadahi orang yang berbeda-beda, tapi saling bertanggungjawab sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

“Orang yang tidak mengerti konsep wali tidak mau mengakui bahwa itu adalah Islam, teritori Wali inilah yang disebut wilayah. Wilayah itulah yang disebut Negara Republik Indonesia,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, para Wali lah mewariskan Islam, maka dari itu Islam harus dijaga sampai mati. Seperti halnya, Wali meninggalkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, Gus Muwafiq juga menjelaskan NKRI adalah negara muslim terbesar di dunia setelah Arab.

“Oleh karena itu, kita patut bersyukur menjadi kaum muslimin yang dapat menjalankan ibadah dengan tenang. Di luar sana banyak terjadi perang saudara,” imbuhnya.

Salah satu jamaah, Mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Wulandari mengatakan banyak ilmu baru yang Ia dapat dari Tabligh Akbar tersebut, terkhusus mengenai Ro’iyah.

“Saya banyak belajar hal baru dari tausiyah Gus Muwafiq, seperti konsep Ro’iyah yang ternyata sejalan dengan semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana, Anjas Sutiawan mengatakan acara ini dihadiri 500 orang dan turut dihadiri Rektor UIN Raden Fatah serta beberapa staf Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan tepat di Hari Lahir (Harlah) LPTQ&D. Kali ini di usia ke-15 LPTQ&D, kami mengundang Gus Muwafiq dan alhamdulillah peserta yang datang kurang lebih sebanyak lima ratus orang,” tuturnya.

Dani Hidayat Selaku Ketua Umum UKMK LPTQ&D Mengatakan acara tabligh Akbar ini kegiatan rutin yang di gelar setiap tahunya dan Alhamdulillah pada tahun ini UKMK LPTQD menghadirkan Ulama Nusantara asal Yogyakarta
Beliau yang bernama KH Ahmad muafiq atau yang di kenal dengan GUS MUAFIQ salah satu staf ahli presiden di era Gus Dur.

“Tabligh Akbar ini juga melaksanakan suatu kesyukuran atas kehiran UKMK LPTQ&D yang Ke 15 tahun. Semoga UKMK LPTQ&D tetap jaya dan menjadi laboratorium keagamaan di UIN Raden Fatah Palembang.” tutupnya.

 

Laporan : Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *