Bupati Banyuasin : Turunnya Tingkat Kemiskinan di Wilayah Pemkab Banyuasin, Bukti Positif Konsultasi Publik Berjalan Baik

 

Wahanainformasinews.or.id

Banyuasin, – Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banyuasin tahun 2023, dan penandatanganan perjanjian kinerja kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Banyuasin tahun 2022.

Konsultasi publik ini melibatkan unsur pemerintah, swasta, dan masyarakat. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Kamis (27/1/2022) di Gedung Graha Bumi Sedulang Setudung.

Bupati H Askolani dalam sambutannya mengatakan, konsultasi publik adalah salah satu forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah, serta mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat, dan terencana.

“Seperti kita ketahui konsultasi publik tersebut merupakan forum yang dapat menentukan arah dari suatu kebijakan terkait pembangunan, lebih mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah dan dapat mengakomodir usulan yang disampaikan masyarakat, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap,” ucap Bupati.

Lanjut Askolani, dilihat dari angka kemiskinan yang setiap tahunnya mengalami penurunan, hal tersebutlah yang membuat betapa pentingnya konsultasi publik sangat baik untuk diterapkan sebagai penentu suatu kebijakan Pemerintahan.

“Dengan diterapkannya konsultasi publik Pemkab Banyuasin sudah mulai merasakan dampak positif terhadap pembangunan maupun pelayanan terhadap masyarakat, ini terbukti dari turunnya angka kemiskinan yang setiap tahun dari tahun 2019 sampai saat ini sudah mulai menurun, sehingga menempatkan Kabupaten Banyuasin diperingkat ke 3 di Sumatera Selatan,” jelasnya.

Selain itu Bupati juga mengatakan, angka pengangguran di Kabupaten Banyuasin saat ini sudah mulai menurun setelah dilihat dari RKPD 2023.

“Tentunya kita harus lebih fokus dan lebih berkerja keras lagi dengan bersinergi bersama-sama, karena tidak mungkin kita melakukan pembanguan itu dengan sendiri-sendiri, jadi kita harus melibatkan juga semua elemen masyarakat,” sambung Askolani.

Terkait usulan dari masyarakat mengenai wajah ibu Kota Pangkalan Balai, H Askolani mengatakan, Pemkab Banyuasin sudah mulai mendesain wajah ibu kota dengan mengimplementasikan Gedung Olahraga (GOR), Stadion tingkat internasional, dan Tugu Gerobak.

“Insyaallah di tahun 2022 kita mulai membangun Ibu Kota Kabupaten dengan mengimplementasikan Gor, kita juga akan membangun Stadion Tingkat Nasional, dan Tugu Gerobak sebagai simbol atau kendaraan khas masyarakat kita ketika membawa barang. Terkait kerusakan jalan negara kita sudah mengusulkan dan tinggal menunggu realisasi untuk percepatan pembangunan jalan negara ini,” tutupnya.

Laporan : Robi Sy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *