Pendapatan Pajak Kendaraan Mencapai 99,34 Persen

WahanaImformasinews.or.id

Palembang – Penerimaan pajak di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumsel tercatat sampai tanggal 27 Desember 2021 mencapai 99,34 persen.

Bapenda Provinsi Sumsel optimis total penerimaan pajak bisa over target mencapai 110 persen. Hal tersebut diungkapkan Kabid Pajak Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel, Emmy Surawahyuni, saat diwawancarai di kantornya,  Selasa (28/12).

Emmy mengatakan, pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) 107 persen, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) 108 persen, pajak air permukaan (PAP) 95,69 persen, pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 82,71 persen dan pajak rokok 106 persen.

“Kesempatan masih beberapa hari lagi sampai tanggal 31 Desember 2021. Harapan kami ini bisa over target mencapai 110 persen,” ujarnya.

Emmy menuturkan, untuk penerimaan pajak dari PBBKB masih kurang dimana targetnya Rp 1,1 Triliun. “Ada perubahan Perda PBBKB, tapi perubahan Perda itu tidak dapat diberlakukan tahun 2021. Jadi baru bisa diberlakukan tahun 2022. Oleh sebab itu, untuk penerimaan pajak PBBKB belum sesuai harapan atau target yang ditetapkan,” bebernya.

Menurut Emmy, penerimaan pajak di tahun 2021 tidak ada kendala. Apalagi di tahun ini ada pemutihan, itu menjadi pemicu penerimaan pendapatan pajak meningkat untuk PKB dan BBNKB. Pemberlakuan perda di Desember targetnya tahun 2022 untuk PBBKB kedepan bisa over target.

“Semoga tahun depan pendapatan pajak kita dapat lebih ditingkatkan lagi. Karena ada perubahan aturan dan itu memicu peningkatan pajak misalnya perubahan Perda PBBKB, itu menjadi salah satu peningkatan pendapatan pajak,” tandasnya.

 

Laporan : Akip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *