Antisipasi Terjadi Kebakaran, Polres Muratara Berikan Bantuan CCTV ke Lapas Surulangun Rawas

Arif : Berharap Bangunan Baru Lapas Segera Direalisasi

Wahanainformasinews.or.id
Musi Rawas Utara – Pasca peristiwa kebakaran hebat yang terjadi di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu, Kapolres Musi Rawas Utara (Muratara) AKBP Eko Sumaryanto bersama jajarannya langsung melakukan kunjungan dan mengecek secara langsung kondisi Lapas Kelas III Surulangun Rawas Kabupaten Muratara. Tujuannya tidak lain mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto melalui Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmat Hidayat dan Humas mengatakan, pihaknya setelah mendapatkan informasi di media telah terjadi kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, langsung mengambil langkah-langkah antisipasi supaya Lapas Kelas III Surulangun Rawas terhindar dari musibah tersebut. Salah satunya, memberikan bantuan seperangkat alat CCTV sebanyak 4 unit, monitor 1 (satu) unit, Cctv 4 (empat) Unit, Recorder vidio 1 (satu) Unit.

“Dalam memberikan respon positif, kami menyerahkan bantuan CCTV dan pengecekan kondisi Lapas Kelas III Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara bersama Kapolres dan jajaran guna memastikan dalam mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang diinginkan,” ujar Kasat Reskrim kepada wartawan media ini, Senin (13/9/2021).

Sementara, Kepala Lapas Surulangun Rawas, Indra Yudha melalui Kasubsi Registrasi, Arif memberikan apresiasi dan terimakasih atas respon positif Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto dan jajarannya dengan memberikan bantuan CCTV. Setidaknya, bantuan ini dapat memonitor ruangan kamar dan tempat tempat yang tidak terpantau oleh petugas.

“Terimakasih Pak Kapolres, alat CCTV ini cukup membantu petugas kami dalam mengawasi kondisi Lapas Kelas III Surulangun Rawas dari sesuatu yang tidak dinginkan sehingga keamanan lapas tidak lepas dari pantauan semua petuas kami,” ucapnya.

Diakui mantan pegawai Lapas Kelas II A Lubuklinggau ini, sarana dan prasarana Lapas Surulangun Rawas sangat minim, dan selalu over kapasitas jumlah warga binaannya, dari 290 dari kapasita 110. “Ya, masih banyak kekurangan. Lokasi masih sempit, sehingga tidak maksimal dalam memberikan pembinaan,” akunya.

Untuk memperlancar tugas pegawai Lapas Surulangun Rawas, Arif berharap kepada Pemkab Muratara dapat memberikan bantuan kendaraan operasional dan penambahan bangunan gedung Lapas Surulangun Rawas yang lebih refresentatif, sebelumnya Pemerintah sudah memberikan hibah untuk bangunannya. “Ya, kami berharap kendaraan operasional dan bangunan gedung Lapas baru,” harapnya.

Pantauan wartawan dilapangan, Selama kegiatan berlangsung telah dilaksanakan pengaman oleh personil polres Muratara serta tetap mematuhi prokes Covid 19. Kegiatan tersebut selesai Pukul 11.00 wib.

 

Laporan : SMSI Silampari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *