Susanto Adjis SH Serap Aspirasi Dari Masyarakat Banyuasin

Wahanainformasinews.or.id

Banyuasin – Untuk menerima aspirasi dari para konstituennya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan, Daerah Pemilihan (Dapil)  10 Kabupaten Banyuasin dari Fraksi PDI Perjuangan, Susanto Adjis SH menggelar Reses perorangan yang dihadiri Pemerintah Desa/Kelurahan, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Organisasi Politik, RT, RW dan Masyarakat.

Devi warga Sri Gading Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin mengatakan, melalui reses anggota DPRD Provinsi Sumsel, apa yang diusulkannya bersama masyarakat lain, seperti bangunan pagar sekolah, jaringan tiang listrik, bangunan jalan lingkungan yang selama ini belum tersentuh diusulkan hari ini, bertemu langsung dengan wakil rakyat, meski diusulkan sering dilakukan melalui pemerintah setempat.

“Kami sangat berharap melalui program penyerapan aspirasi ini, daerah kami kedepannya mendapatkan perhatian lebih pemerintah, terutama perhatian dari wakil kami yang sedang duduk di kursi legislatif sebagai pejuang hak kami sebagai rakyat, sesuai dengan usulan kami bersama masyarakat melalui diskusi” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kartiwan Ketua RW Talang Ilir Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, menurutnya pembangunan inprastruktur baik itu jalan, siring, gedung sekolah, dan lain sebagainya yang diusulkan masyarakat melalui musyawarah reses dapat diserap dan dibawa ke pembahasan melalui komisi fraksi, dan dilanjutkan dengan pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat.

“Mewakili masyarakat kami sangat menginginkan apa yang menjadi usulan dalam reses in dapat terealisasi, namun yang menjadi keutamaan kami pembangunan inprastruktur harus bagus,” ucapnya.

Mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat, reses yang dilakukan politisi Partai Moncong putih di enam titik sasaran diantaranya Desa Srigading, Dusun Talang Ilir, Suka makmur RT 23 RW 10, Suka Makmur RT 27 RW 09, Jl A.K. Nakowi Dusun III Desa Persiapan Kenten Jaya dan Jl H.M Yasin Dusun III Desa Persiapan Kenten Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

 

Sementara Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Susanto Adjis, SH mengatakan, reses yang dilakukannya secara langsung menyentuh ke masyarakat memiliki tujuan, diadakan reses tidak saja menampung aspirasi masyarakat, tetapi dapat mencarikan solusinya berdasarkan kewenangan yang dimiliki DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

“Hari ini saya kembali kedaerah pemilihan guna menyerap aspirasi yang kaluar dari mulut masyarakat, baik itu mendengarkan keluhannya, usulan maupun  masukan sehingga dapat kita carikan solusi, siapa saja yang berhak menampung semua kembali pada wewenang masing-masing baik itu DPRD pusat, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/kota,” ujar Putra Sulung Adjis Saip Tokoh PDIP Sumsel.

Diakui Susanto, reses perorangan yang dilakukannya ini banyak mendengarkan keluhan dari masyarakat, baik rusaknya insfratruktur jalan, jaringan PLN, perbaikan gedung Sekolah dan drainase dan lain sebagainya, namun paling dominan keingginan masyarakat inprastruktur jalan yang harus diperbaiki.

“Usulan masyarakat yang kita terima paling terbanyak itu inprastruktur jalan, dari usulan masyarakat itu tetap kembali pada wewenangnya, jika itu wewenang pusat kembalinya ke DPRD pusat, sebaliknya jika memang wewenang provinsi atau kabupaten akan kembali DPRD Provinsi atau kabupaten, selanjutnya akan di bawa dalam rapat komisi maupun fraksi PDIP agar bisa direalisasikan,” Ujar Santo panggilan akrabnya.

Dijelaskan Santo, ada beberapa program yang menjadi aspirasi masyarakat saat ini belum bisa dilaksanakan. Hal itu berbenturan dengan peraturan pemerintah sehingga tidak bisa dilakukan karena wewenangnya sudah jelas, bisa kemabli ke DPRD Provinsi maupun kembali ke kabupaten.

“Pembangunan jalan dalam desa, sekolah SD dan SMP, jaringan listrik desa, itu termasuk kewenangan Kabupaten dan tidak termasuk dalam Provinsi, tetapi jika ada sekolah tingkat SMA / SMK ini masuk wewenangnya provinsi dan akan kami usulkan pada saat rapat komisi atau rapat fraksi,” terangnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan juga berharap, agar masyarakat untuk tidak segan-segan memberikan masukan dan saran atas apa yang telah dilakukannya saat menjadi Anggota DPRD Provinsi demi memperjuangkan hak masyarakat yang telah menjadi tugasnya.

“Setiap manusia pasti memiliki kelemahan dan kekurangan, tentu ini akan menjadi catatan kita yang akan dibenahi, kita akan berjuang agar menjadi yang lebih baik lagi atas apa saja yang menjadi keinginan masyarakat,” tegasnya.

Usai mendengar aspirasi dari masyarakat Susanto Adjis SH langsung meninjau balai kampung yang kondisinya rusak, sedangkan temat tersebut selalu aktif digunakananak-anak hingga orng dewasa sebagai tempat menggali ilmu, mengembangkan karya para pemuda yang diusulkan warga agar mendapatkan perbaikan.

 

Laporan : Echy (Adv)

Editor : Martin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *