Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H Harga Pangan Diprediksi Masih Stabil

Wahanainformasinews.or.id

Banyuasin – Kepala Dinas Koperasi, Industri Perdagangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim saat dikompirmasi mengatakan sampai H-5 harga bahan pokok terpantau di pasar tradisional Pangkalan Balai masih tergolong normal bahkan ada beberapa komoditi mengalami penurunan harga.

“Dimasa pandemi covid 19 seperti saat ini beberapa bahan pokok di pasar tradisional mengalami penurunan harga, seperti daging ayam potong menurun untuk komoditas cabai masih stabil, diprediksi sampai lebaran akan tetap stabil kalaupun ada kenaikan paling naik-naik nya sedikit dan itu hal yang wajar mengingat momentum lebaran yang akan segera tiba,” ujarnya.

Lanjut Erwin, untuk kegiatan sidak pihaknya belum ada rencana untuk dilakukan mengingat masih dalam pandemi Covid-19 dan masih melaksanakan PPKM, sehingga kerumunan diharapkan tidak terjadi. “Menghindari terjadinya kerumunan kita belum melakukan sidak untuk perayaan Idul Adha tahun ini,  tetapi petugas kita setiap hari tetap melakukan pendataan terhadap harga komoditi yang diperjual belikan,” tutupnya.

Sementara itu, Isban salah satu pedagang di Pasar Tradisional Pangkalan Balai mengaku untuk harga beras menurun menjadi 95 ribu untuk ukuran 10 kilogramnya,  sebelumnya harga beras bekisaran 100 ribu sampai 110 ribu rupiah satu kampil dengan ukuran berat 10 kilogram.

“Untuk beras dipastikan tidak ada kenaikan harga, tetapi telur ayam mengalami kenaikan sebelumnya telur ayam 20 ribu per kilogram kini naik menjadi 24 ribu perkilogram,” jelasnya.

Hal serupa juga dikatakan Dodi salah satu pedagang ayam potong, menurutnya untuk harga daging ayam potong mengalami penurunan sejak beberapa hari terakhir akibat banyaknya pasokan tidak sebanding dengan permintaan.

“Daging ayam potong yang dijual saat ini mengalami pelonjakan stok mengakibatkan harga jual menjadi turun biasanya pedagang menjual daging ayam dengan harga 35 ribu perkilogram, saat ini harga ayam menurun menjadi 28 ribu rupiah perkilogramnya” terang Dodi.

Pantauan dari media ini dilapangan, untuk stok komoditi dan harga cabai merah, bawang, minyak goreng dan gula masih terbilang normal menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

 

Laporan : Tim

Editor : Martin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *