Kerusakan Jalan Provinsi Penghubung Muba – Pali Mendpat Respon Perioritas Tahun 2021

Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Anggarkan 15 Miliar Untuk Perbaikan Jalan

 

Sumatera Selatan, WIN.or.id – Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan bergerak cepat menangani jalan Provinsi penghubung Musi Banyuasin (Muba) menuju Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang mengalami kerusakan agar segera diperbaiki.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhy mengatakan, tahun 2021 pihaknya menganggarkan dana sebesar 15 miliar untuk perbaiki kerusakan jalan tersebut.

“Saat ini proses pelelangan target kita Juli sudah tandatangan kontrak, jadi secepatnya diperbaiki, sembari menunggu tandatangan kontrak, ada penanganan rutin seperti di scrap lagi diratakan timbunan batu,” ujarnya saat diwawancarai di kantornya, Senin (31/5/2021).

Darma Budhy menuturkan, semua jalan provinsi yang mengalami kerusakan akan diperbaiki, apalagi yang sudah mengalami kerusakan parah itu jadi prioritas perbaikan.

“Kalau ada laporan itu segara kami tangani. Kalau tidak ada laporan responnya lambat. Pada intinya semua jalan provinsi kita perhatikan,” katanya.

Ditempat yang sama, PPTK Tahun 2020 Jalan Muba batas Pali Jayanto Fajri Ilham menambahkan, ruas jalan Muba-Pali panjangnya sekitar 40 kilometer. Anggaran pada tahun 2020 untuk ruas jalan Rp 15 miliar.

“Kondisi diawal 2020 banyak yang rusak berat. Jadi kami menangani skala prioritas mana yang perlu ditangani. Jadi dari penanganan tahun 2020 untuk jalan yang rusak berat sudah tertangani semua. Nah, satu titik jalan sekarang yang rusak ini memang tidak tersentuh di tahun 2020,” katanya.

Ditambahkan Jayanto ruas jalan Muba-Pali di titik yang rusak saat ini pertumbuhan kerusakan baru. Dari intruksi Bapak Kadis, sudah ada tindak lanjut. Hari ini Kepala UPTD langsung ke lapangan meninjau lokasi. In Sha Allah dalam waktu dekat langsung diperbaiki.

“Kerusakan jalan terjadi akibat beban kendaraan yang melintasi terlalu berat, dimana tahun 2020 titik jalan tidak masuk penanganan perbaikan. Kita menilai masih dalam kondisi baik jadi tahun 2020 belum membutuhkan perbaikan,” urai Jayanto.

Dia menjelaskan, untuk sekarang karena keterbatasan dana, perbaikan dilakukan untun jalan yang rusak berat, itu yang menjadi skala prioritas.

“Pak Tarmizi Kepala UPTD hari ini langsung meninjau lokasi. Besok atau lusa atau paling lama seminggu sudah mulai dilakukan perbaikannya. Pada prinsipnya, jalan yang rusak berat itu segera ditangani,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Akses jalan Provinsi sebagai penghubung Kabupaten Muba dan Kabupaten PALI kondisinya memprihatinkan, selalu dikeluhkan pengguna jalan terutama sopir truk.

 

Laporan : Akip

Redaksi wahanainformasinews.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *