Polres Banyuasin Amankan 20 Senpi Aktif

 

Banyuasin, WIN.or.id – Peredaran senjata api (Senpi) Ilegal di kawasan Kabupaten Banyuasin dinilai masih tinggi, meski banyak masyarakat menyerahkan senjata tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Banyuasin berhasil mengamankan 4 orang pelaku kepemilikan Senpi, yang diungkap Selasa (30/03/2021) di dapan halaman Mapolres Banyuasin.

Dari hasil pengungkapan didapatkan 20 senpi aktif diantaranya 16 laras panjang dan 4 Laras pendek lengkap dengan amunisi dalam keadaan aktif.

Kapolres Banyuasin, AKBP Imam Tarmudi mengatakan tersangka yang berhasil ditangkap berawal dari adanya warga yang menyerahkan senpi dengan sukarela guna mendapatkan perlindungan hukum dari pihak yang berwajib.

“Hasil yang kami dapatkan ini merupakan kontribusi dari masyarakat mendukung penertiban peredaran senpi di Kabupaten Banyuasin, dari penyerahan tersebut kami lakukan operasi penertiban selama lebih kurang 25 hari terhitung dari 3 Maret sampai 30 Maret 2021. Pihak satreskrim polres berhasil mengamankan 20 senpi,” bebernya.

Lanjut Imam, terkait sanksi yang dikenakan undang undang darurat tahun 1951 No 12 tentang kepemilikan Senjata Api maksimal 20 tahun penjara. Namun, tetap mengiringi dengan kejahatan yang pernah dilakukan oleh tersangka.

“Jadi sanksi yang akan kita kenakan pada tersangka sesuai dengan UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang Senjata Api dan Bahan Peledak Maksimal 20 tahun penjara, dan bisa memungkinkan saksi yang di berikan akan ditambah sesuai dengan kejahatan yang pernah mereka lakukan sebelumnya,” sambungnya.

Laporan : Robi Sy

Redaksi wahanainformasinews.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *