Team Nawacita RI Tinjau Persoalan Sengketa Lahan Desa Tirta Mulia dan PT SMAL

 

Sumsel, WIN.or.id – Ketua Team Nawacita Presiden Republik Indonesia Ruri Jumar Saef turun langsung bertemu masyarakat Desa Tirta Mulia Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Kering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Kamis (18/03/2021).

Turunya ketua Nawacita Presiden ini setelah menerima surat aduan dari kelompok masyarakat atas sengketa lahan perusahan PT SMAL dengan luas lahan 1100 Hektar dengan status lahan APL.

Lahan ini adalah lahan yang diperuntuhkan perluasan kawasan transmigrasi pada tahun1982 sampai tahun 1997.

Pada 2017 masyarakat mulai melakukan pemanfaatan lahan itu dengan penanaman padi seluas 1100 hk dan di dukung oleh pemerintah Kabupaten dan Provinsi hingga terjadi dua kali Swasembada pangan di lahan tersebut.

Akan tetapai tahun 2017 masyarakat dan PT SMAL bersengketa tanpa melakukan koordinasi, tanpa melakukan ganti rugi ataupun komunikasi dari pihak pihak terkait khususnya warga Desa Tirta Mulia, kata Ruri.

Masyarakat merasa sangat dirugikan sampai sekarang dan telah melakukan upaya upaya untuk mendapatkan hak hak mereka kembali terkait lahan tersebut.

Kita telah melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak seperti, Kepala Desa dan Pendamping Desa bahwa yang kita butuhkan adalah peta kawasanya dan daftar Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) berapa kelompok tani yang melakukan pemanfaatan itu dan surat peryataan bahwa memang mereka adalah petani pengarap yang ada di lahan APL tersebut.

Ini sdh kita terima semua dan untuk selanjutya akan kita sampaikan kepada bapak Presiden Republik Indonesia Jokowidodo.

Sementara itu Pendamping Warga, Dedi mengatakan, Taem Nawacita datang kesini atas laporan masyarakat tentang persoalan konflik, sehinga saya sebagai pendamping mengirim langsung surat kepada Presiden dan diterima langsung oleh tim nawacita.

Alhamdulillah team nawacita langsung turun lapangan untuk melihat apakah benar lahan ini milik masyarkat dan memang benar ada.

Kedatangan Nawacita ini membuat kami optimis sekali bahwa persoalan akan selesai, karena beliau ini langsung kontaknya kepresiden, dan presiden punya hak untuk memutuskan persoalan ini.

Ditempat yang sama, Kades Desa Tirta Mulia Muha’is berharap permasalahan ini sudah berlarut dapat segera diselesaikan, mewakili seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih mudah mudahan hadirnya Nawacita Presiden ini masalah kami bisa diselesaikan secapatya agar masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti semula.

Kami berharap kepada Presiden Jokowido untuk sangat memohon agar bisa dikembalikan hak hak kami yang telah diambil oleh perusahan PT SMAL.

“Kami sudah lelah dan capek selama ini dibikin susah, saya mohon agar lahan hidup kami dikembalikan semua,” kata Tokoh masyarakat, Ahmad Suyono sambil berlinang Air Mata.

Laporan : Akip

Redaksi wahanainformaainews.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *