PDAM Tirta Musi Palembang dan PT BNI Jalin Kerjasama Program Digitalisasi

PDAM Tirta Musi Palembang dan PT BNI Jalin Kerjasama Program Digitalisasi

Palembang, WIN.or.id – Perjanjian kerjasama program digitalisasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero yang digelar di The Alts Hotel Palembang, Senin (8/3/2021).

Dengan adanya penandatanganan kerjasama tersebut, masyarakat semakin dipermudah saat akan membayar tagihan air bersih PDAM Tirta Musi cukup dari smartphone dan tidak harus datang langsung ke loket atau membayar pada petugas yang menagih ke rumah dengan aplikasi sibening.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan sekarang ini sudah era digitalisasi, masyarakat diedukasi agar melek digital. Tujuannya untuk memudahkan transaksi tanpa harus keluar rumah.

“Selama ini masih banyak masyarakat melakukan pembayaran tunai langsung ke kantor baik pembayaran bulanan atau sambung baru. Padahal melakukan pembayaran itu bisa dari rumah saja dengan aplikasi sibening yang bisa didownload di aplikasi app store. Ke depan aplikasi si bening juga akan dikembangkan pada IOS sehingga pengguna smartphone iPhone juga bisa memanfaatkan layanan ini,” ujarnya.

Andi menuturkan, di era digital ini memudahkan masyarakat bertransaksi kapan saja dan dimana saja cukup menggunakan HP.

“Jadi tenaga kerja outsourcing yang selama ini menagih ke rumah juga bisa kita efisiensikan juga kinerjanya,” kata Andi Wijaya.

Sementara itu, Pemimpin BNI Kantor Wilayah Palembang, Sunarna Eka Nugraha menambahkan, kerjasama BNI dengan PDAM Tirta Musi memberikan kemudahan bagi masyarakat membayar tagihan PDAM, memasang sambungan baru dengan aplikasi tersebut.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank BNI juga bisa langsung membuka rekening BNI tanpa harus ke kantor, sehingga lebih mudah dan tidak harus antri, di era serba digital dan masih di masa pandemi, masyarakat lebih mudah memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari dan kerjasama ini sama-sama memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak,” ucap Eka Sunarna.

Dia menjelaskan, bagi PDAM kerjasama ini memudahkan mengelolah data base karena lebih terperinci setiap detail pembayaran pelanggan, juga terperinci data nasabah yang akan memasang sambungan baru sehingga bermanfaat untuk memetakan planing dan maping pengembangan jaringan ke depannya.

“Ke depan kerjasama ini akan kita kembangkan dengan PDAM lainnya di kabupaten kota di wilayah kerja BNI Palembang,” tutupnya.

Laporan : Akip

Redaksi wahanainformasinews.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *